-->

Selain Hattrick, Kenali Istilah Jumlah Gol Lainnya Dalam Sepak Bola, Yuk

- 7/26/2017



Istilah hattrick pasti udah familiar banget di telinga kamu, apalagi para pecinta sepakbola. Hattrick sering kita dengar karena memang sering terjadi di ranah sepakbola profesional. Ya, hattrick adalah istilah yang dipakai ketika seorang pemain mencetak 3 gol dalam satu pertandingan.

Tapi tahukah kamu pemberian istilah tersebut bukan saja diberikan untuk 3 gol dalam satu pertandingan saja. Selain hattrick, masih ada lagi istilah-istilah lainnya untuk mendeskripsikan jumlah gol yang dilesakkan ke gawang lawan loh, apa aja sih?

1. Brace

Image Courtesy - suryamalang

Ternyata ada juga loh istilah untuk 2 gol dalam satu pertandingan. Yup, brace namanya. Istilah ini mungkin emang jarang didengungkan karena nampaknya mencetak 2 gol dalam satu pertandingan nggak sulit-sulit amat buat pesepakbola profesional, tapi biarpun begitu, istilah ini tetep sah buat disebutkan kok, biasanya media Inggris atau komentator pertandingan di sana suka pake juga istilah ini, dengan menyebutkan istilah "bagged a brace" untuk pemain yang mencetak 2 gol dalam satu pertandingan.


2. Hat-Trick

Image Courtesy - youtube

Ini nih istilah yang paling populer. Hattrick atau hat-trick. Hattrick adalah istilah ketika seorang pemain sepakbola mampu melesakkan 3 gol ke gawang lawan dalam satu pertandingan. Buat para pemain sepakbola internasional atau dunia, hattrick mungkin bukan sesuatu yang terlalu sulit, yaaa biarpun nggak bisa dibilang gampang juga.

Hattrick juga punya variasi lainnya, yaitu perfect hattrick, seseorang dikatakan mencetak perfect hattrick apabila ketiga golnya tercipta oleh 3 bagian tubuh yang berbeda, yaitu kaki kanan, kaki kiri, dan kepala.


3. Quattrick

Image Courtesy - skysport

Selanjutnya adalah istilah untuk 4 gol yang bersarang di gawang lawan dalam satu pertandingan. Ya, quattrick namanya. Tapi ada juga beberapa orang yang memberi istilah "haul", atau "ham bone" untuk 4 gol dalam satu pertandingan ini. Dan khusus untuk istilah Spanyol quattrick ini biasa disebut "poker".

Loh, Jadi istilah yang sebenernya yang mana sih? Yang mana aja boleh, sebut saja sesuai seleramu ya...


4. Quintrick

Image Courtesy - skysports

Quintrick, istilah untuk 5 gol yang tercipta dalam satu pertandingan. Sulit? Pasti. Tapi bukan mustahil ya, pemain-pemain kelas dunia seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo, atau Alan Shearer pernah kok beberapa kali mencetak quintrick. Bahkan Robert Lewandowski pernah membuat quintrick hanya dalam waktu 9 menit saja. Gokil!

Selain quintrick, ada juga yang menyebut 5 gol dalam satu pertandingan itu "glut", atau dalam istilah Spanyol biasa disebut "Re-Poker".


5. Double Hattrick

Kalo hattrick itu 3 gol, maka untuk menyebut 6 gol dalam satu pertandingan cukup tambah "dobel" aja. Ya, double-hattrick sebuah hattrick yang digandakan, alias 6 gol dalam satu pertandingan.