-->

Suka Duka Kuliah Sambil Kerja

- 8/31/2015



Kuliah sambil kerja itu bukan sesuatu yang mudah, kerjanya apa ? Ya itu kerjain tugas-tugas kuliah, susah bangetkan ? Di sini gue jabarin 15% informasi, 15% ilmu, dan 70% curhatan gue. Kisah ini diambil berdasarkan kisah nyata. Jika ada kesamaan nama dan tokoh, itu karena gue yang pengen. Di sini gue mau share suka duka kuliah sambil kerja yang seperti gue alami sekarang.

Ya keadaan ini yang lagi gue  alami sekarang, mungkin dari kalian juga ada yang ngerasain atau akan merasakan hal seperti ini. Entah dari dulu, entah baru mulai, atau jauh sebelum jaman malin kundang dikutuk jadi batu. Mungkin ada juga yang sekarang masih sekolah, ketika udah lulus bakalan kuliah sambil kerja. Ya bisa aja kan, dari pada kuliah sambil ngegalauin gebetan yang udah beda kampus sama kamu. Mending langsung aja kita simak apa sih suka dukanya kalo kamu kuliah sambil kerja.




***


1.  Menjadi Pribadi yang Lebih Mandiri

Tidak lagi mengandalkan orang tua dari segi biaya, di mana kamu bisa menempa diri dengan membiayai kuliah kamu sendiri. Ya masa kalo udah kerja masih dibiayain orang tua, malu donk!

Kamu juga bisa membeli barang yang pengen kamu beli dengan sesuka hati. Mulai dari beli baju, beli sepatu, bahkan sampe beliin bunga bangke buat mantan kamu. Syaratnya ya asal mau nabung sih.

Kamu akan tumbuh menjadi anak yang tidak manja, tapi kalo manja-manjaan sama dia sih kaga apa-apa kali ye. Maksudnya tidak manja jika keinginan kamu tidak terpenuhi.




2. Belajar Menghargai Waktu

Di mana kamu, dari pagi sampai sore bekerja dan dari pulang kerja langsung ke kampus hingga malam tiba , yang artinya waktu yang ada tersita habis. Bahkan mungkin kalo ada tugas kuliah kamu pulang kuliah masih tersita waktunya untuk kerjain tugas. Kalau yang kuliahnya hari Sabtu dan Minggu berart setiap hari mereka harus bangun pagi, luar biasa!

Otomatis waktu menjadi sangat berharga, waktu bersama keluarga, teman, dan pacar menjadi sangat minim. Itu semua adalah resiko yang harus kamu tanggung dan dari sini kamu mulai mengerti dan menghargai arti sebuah pengorbanan.








3. Ngantuk di Kantor dan Kelas

Tantangan terbesar untuk yang kuliah sambil kerja, pasti ngantuk . Apalagi kalo dosennya ngejelasin materi layaknya mendongeng, 1 per 1 mahasiswa pun berguguran. Ngantuk yang dialami bisa di kantor atau pun di kelas. Di kantor karena semalaman kuliah dan ngerjain tugas sampai subuh.

Di kelas karena kerjaan kantor yang banyak yang membuat badan pegal-pegal, kesemutan, bibir pecah-pecah, dan masih banyak lagi. Tips yang biasa gue lakukan adalah meminum air putih sebanyak-banyaknya agar lebih terasa segar kembali atau bisa juga cuci muka.




4. Pulang Malam Hampir Setiap Hari


Pulang malam sudah menjadi kebiasaan gue setiap hari, karena kelas juga baru selesai paling malam jam 9. Pulang juga kalau laper cari makan dulu, otomatis ketika mellihat kasur di rumah adalah hal yang mewah buat gue. Membaringkan badan di sana saat semua persoalan telah dilalui hari itu menjadi hal yang ditunggu-tunggu setiap hari.


Ketika bangun pagi hari, kembali siap menghadapi persoalan yang ada di hari itu. Kasur dibereskan dan siap bertemu dengan kasur lagi pada malam hari. Hari-hari selalu diisi dengan rutinitas.







5. Merasakan TGIF 

Ini adalah hari yang selalu gue tunggu, bukan gue aja sih semua orang yang kerja juga selalu menanti hari ini. Tapi buat gue saat seperti ini adalah saat di mana, rutinitas minggu tersebut segera berakhir. Kerja dan kuliah terakhir di minggu itu, siap-siap menanti hari esok tanpa rutinitas. Kecuali buat mereka ambil kuliah di Hari Sabtu dan Minggu, rutinitas kuliah akan tetap mereka jalani.


Dengan baju batik yang selalu gue kenakan setiap Jumat menjadi pertanda bahwa semangat yang telah berkobar untuk menyambut hari esok terlalu besar. Terkadang hari Senin pun terasa terlalu bersemangat untuk bekerja, tapi sejujurnya ini sangat jarang terjadi.




6. Tidur Seharian di Akhir Pekan atau Hari Libur

Untuk merayakan sesuatu yang jarang terjadi ini, ketika libur kerja dan libur kuliah selalu gue pergunakan untuk tidur. Tapi memang terkadang ketika libur malah bangun lebih pagi dan bersemangat, kalau seperti ini gue biasanya langsung siap-siap berolahraga. Belakangan ini sih selalu gue pergunain untuk tidur.


Bangun tidur udah siang, bermalas-malasan di rumah, sambil mengumpulkan energi kembali pulih. Terkadang sulit melepaskan kepergian akhir pekan, karena masih terasa kurang puas. Tapi apa boleh buat rutinitas siap menanti kembali.






7.  Hal yang Didapatkan : Ilmu, Duit + Pengalaman

Beberapa hal positif yang didapat adalah ketiga hal ini, di mana masih bisa belajar dan mendapat ilmu di kampus, bekerja mendapatkan gaji berupa uang dan pastinya pengalaman juga didapat di tempat kerja. Beberapa hal ini yang menjadi satu kesatuan dan menjadi sensasi tersendiri bagi mereka yang merasakan.



Walau memang aktivitas menjadi padat, asal tekun dan tetap semangat pasti selalu ada hal-hal yang membuat semangat kita tetap terpacu. Salah satunya untuk membahagiakan orang tua, dukungan teman-teman dan kerabat lainnya bahkan dukungan dari sang pujaan hati yang selalu men-support dirimu.


***



Itu dia suka duka kuliah sambil kerja. Kebanyakan mahasiswa sekarang gue lihat kuliah sambil galau, galauin gebetan, galauin mantan, galauin gak lulus-lulus. Kerjaannya galau mulu, tenanglah karena hari kemenangan itu akan segera tiba.





---

Artikel ini ditulis oleh @rendyconan